Jauhkan Ponsel, Miliki Kebersamaan Yang Berkualitas

Tidak ada komentar 50 views

Kapan terakhir kali anda menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta atau kerabat tanpa bermain ponsel? Tanpa disadari, hari hari kita sudah sangat bergantung pada ponsel pintar yang kita miliki. Ponsel ciptakan untuk mempermudah yang jauh menjadi dekat, bukan malah sebaliknya yang tadinya dekat justru menjadi jauh. Orang yang tadinya mudah mengobrol dengan siapapun yang ada disekitar, menjadi berkurang hanya karena sibuk berkutat dengan ponselnya. Orang yang tadinya suka berinterkasi langsung dengan menyambangi keluarga dan kerabat, menjadi berkurang hanya karena bisa menyapa di sosial media dan aplikasi percakapan.

jauhkan handphone untuk kebersamaan

Keluarga yang anda miliki seharusnya menjadi alasan mengapa anda harus bekerja keras dan terus sibuk karena ingin melihat mereka bahagia. Tetapi, jangan sampai lupa bahwa kebahagiaan mereka bukan hanya melulu soal uang. Misalnya, seorang ibu yang sudah tua sudah tidak lagi ingin uang yang berlebih untuk membeli sesuatu, atau untuk disimpan. Sering kali, kehadiran andalah yang para ibu inginkan. Ibu yang sudah tidak terlalu berdaya, ingin meendapatkan perhatian yang lebih dari anaknya bukan ingin mendapat kiriman uang. Walau hanya sekedar ditengok dan mengobrol santai di rumah, ibu jauh lebih senang daripada dibelikan barang dan fasilitas yang serba ada tetapi tidak pernah melihat anaknya secara langsung. Memang, dengan canggihnya perkembangan ponsel saat ini akan mempermudah komunikasi dengan orang tua atau kerabat lainnya, tetapi pertemuan secara langsung akan lebih membahagiakan.

Contoh lainnya adalah ketika sedang akhir pekan atau hari libur. Jika anda sudah berkeluarga apalagi memiliki anak, gunakanlah waktu libur anda untuk benar benar menjaga keharmonisan dengan menjauhkan ponsel anda. Artinya, ketika libur bekerja maka usahakanlah anda tidak terpaku pada layan ponsel dan mulailah untuk bercengkrama, bercanda, atau juga sesekali pergi berlibur. Anak dan keluarga anda tidak akan merasakan bahagia yang utuh, jika hanya ada nafkah lahir saja atau materi saja yang anda beri. Dampingilah anak untuk berkembang dan tumbuh, perhatikanlah orang tua anda yang akan terus menua, dan sayangilah terus kerabat anda dengan terus berjuang bersama dan saling membantu.

Kebiasaan untuk tidak selalu terpaku pada ponsel saat sedang bersama keluarga dan kerabat bisa dimulai dengan beberapa hal. Yang pertama, pastikan hal hal yang berhubungan dengan pekerjaan anda sudah selesai di kantor dan dapat ditinggalkan saat hari libur. Jangan biarkan pekerjaan anda menumpuk dan terbawa sampai ke rumah. Yang kedua, letakkan ponsel anda jauh dari jangkauan baik saat berada di dalam rumah maupun sedang pergi berlibur. Minimal, matikan sinyal yang bisa membuat anda terganggu. Dengan begitu, anda akan terhindar dari notifikasi, godaan membuka sosial media, atau juga membuka catatan catatan yang ada di dalam ponsel, dan bisa memiliki waktu yang berkualitas untuk membangun keharmonisan.