pendidikan

Pendidikan Sejak Kecil

Keluarga bagi seorang anak adalah pendidikan pertama sebelum masuk sekolah formal, sehingga peran orang tua dalam mendidik anak sangatlah penting. Bagi anda yang masih punya anak kecil maka mulai sekarang jadikan dan kenalkan akhlak dan perilaku yang baik, sehingga ketika sudah dewasa menjadi kebiasaan. Namun jika sejak kecil dididik secara tidak benar, niscaya ketika dewasa susah untuk dididik dengan benar. Contoh mudahnya adalah dalam hal belajar tulis menulis, seorang anak kecil sangat mudah belajar menulis, otaknya masih sangat cerdas belum memikirkan hal hal lain, namun berbeda jika orang yang sudah tua kita ajarkan baca tulis, yang ada malah marah marah, seperti sebuah syair berkata bahwa belajar diusia muda seperti menulis diatas batu, sedangkan belajar diusia senja atau tua seperti menulis diatas air. Oleh sebab itu sebelum anak anda terjerumus dalam pergaulan luar, ajari dan biasakan untuk hidup dalam kebaikan.

pendidikan

Berikut ini ada sebuah kisah yang sangat inspiratif bagi orang tua yang memiliki anak, diceritakan pada suatu hari seorang anak yang bernama akhmad pergi bersama ayahnya kekebun, ada banyak macam tumbuhan yang tumbuh dan berkembang di kebun tersebut, kemudian ada satu pohon yang menarik perhatian akhmad, yaitu bunga mawar yang bengkok, akhmad penasaran dan bertanya kepada ayahnya “ayah, kenapa mawar ini bengkok?”, ayah berkata “itu kesalahn tukang kebun yang biasa merawat kebun ini, karena tidak dirawat sejak kecil maka bengkok”, sang akhmad berkata lagi “kan tinggal dilurusin saja ayah”, sang ayah tertawa dan berkata “ ketika pohon mawar sudah tua atau besar. Maka akan sulit sekali jika diluruskan, yang ada batang yang bengkok malah akan patah, karena telah tumbuh dahan dan kulit yang kuat”. dari cerita diatas maka bisa disimpulkan bahwasanya anak yang diibaratkan seperti pohon mawar yang sejak kecil tidak dirawat maka besarnya akan bengkok, atau berperilaku jelek, ketika tuanya akan diluruskan maka akan sulit dilakukan, begitu juga dengan orang yang dewasa jika ada yang meluruskan ketika salah malah akan marah marah.

Oleh sebab itu bagi anda orang tua yang akan atau sedang memiliki anak kecil, didiklah anak tersebut sejak kecil, hingga menjadikannya suatu kebiasaan. Ajari dan biasakanlah anak kecil berbuat baik dan belajar tentang agama, dengan begitu dewasanya akan menjadi seorang yang berguna dan bertaqwa, namun sebaliknya, jika dibiarkan sejak kecil, misal saja hari ini dibiarkan tidak sholat maghrib, akan tambah tidak sholat isya, besoknya lagi subuh, hingga sholat duhur dan bulan depannya lagi akan terbiasa meninggalkan sholat lima waktu, jadikan dan ajari anak dalam kebiasaan yang baik dan benar, sehingga tumbuh menjadi anak yang dibanggakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *