Sikap Seorang Pengusaha

Sikap Seorang Pengusaha

Untuk menjadi seorang pengusaha, dibutuhkan beberapa sikap, bila anda tidak memilikinya, mungkin anda bukan calon pengusaha sukses.

1. Mau Melatih Pola Pikir
Pola pikir seorang wirausaha yang sukses adalah selalu berpikiran positif. Jika Anda cenderung berpikiran negatif, maka pada akhirnya hal negatif yang dipikirkan itulah yang terjadi. Latihlah pikiran Anda untuk selalu berpikiran positif.

2. Harus Percaya Diri
Seorang wirausaha yang sukses juga memiliki rasa percaya pada dirinya sendiri untuk mengambil keputusan secara akurat, penuh perhitungan, dan tidak lamban. Tidak mempunyai keragu-raguan untuk suatu keputusan yang akan mempengaruhi usahanya. Kepercayaan diri yang tinggi membuat seorang wirausahawan berani memutuskan dengan pertimbangan-pertimbangan yang telah dipikirkan secara matang.

3. Memiliki Perencanaan Yang Matang
Seorang wirausaha yang sukses melaksanakan apa yang sedang dikerjakannya dengan penuh perencanaan dan perhatian. Rencanakan dengan matang, usaha seperti apa yang ingin Anda jalankan, siapa yang akan menjalankan usaha Anda, siapa pesaingan Anda, dan bagaimana cara memasarkan usaha Anda. Perencanaan yang baik akan membawa hasil yang baik dan meminimalkan risiko kerugian.

4. Berani Mengambil Resiko
Ada risiko-risiko yang memang harus dihadapi dalam setiap pilihan yang Anda ambil. Jangan takut untuk mengambil risiko. Jika terjadi kesalahan, belajarlah dari kesalahan itu, perbaiki dan lanjutkan lagi.

5. Kreatif dan Inovatif
Seorang wirausaha yang sukses harus memiliki jiwa yang kreatif dan inovatif untuk mengembangkan usahanya dengan cara yang berbeda dari usaha yang sudah ada. Ciptakan cara baru dalam bidang pemasaran, produk dan kembangkan kreativitas Anda agar mampu menciptakan produk-produk baru yang inovatif.

6. Ulet dan Tekun
Bertekunlah dalam hal-hal kecil, karena hal-hal besar akan datang dengan sendirinya. Ulet dan tekun adalah kunci sukses seorang wirausaha. Tanpa kerja keras dan ketekunan ini, suatu usaha tidak akan bertahan lama dan mengalami kesuksesan.

7. Bisa Menentukan Sasaran dan Prioritas
Wirausaha yang sukses juga harus menentukan impian, sasaran, dan visi yang jelas tentang masa depan bisnisnya. Tidak akan ada semangat juang jika tidak ada yang ingin kita kejar. Karena itu tentukan impian dan apa yang ingin dicapai dari usaha yang Anda jalankan.

8. Berusaha Mewujudkan Rencana
Semua perencanaan, impian, dan lain sebagainya telah diatur dan ditentukan. Wujudkanlah keputusan yang telah Anda ambil untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses ini dengan menindaklanjutinya dengan tindakan yang tepat, cepat dan terencana. Jangan hanya Not Action Talk Only (NATO).

9. Memiliki Pengetahuan Dasar-dasar Bisnis
Tips kesembilan menjadi wirausaha yang sukses adalah memilki pengetahuan dasar-dasar bisnis. Tanpa pengetahuan ini, usaha seseorang hanya akan dijadikan sebagai kelinci percobaan dan tidak akan menjadi seorang wirausaha yang sukses. Kegagalan pun akan sering dialami. Tidak ada wirausaha yang sukses tanpa sebuah pengetahuan.
Langkah terbaik untuk menjadi wirausaha yang sukses adalah belajar sambil bekerja. Bekerja pada orang lain terlebih dahulu akan sangat membantu seseorang menyerap ilmu dan pengalaman sehingga di kemudian hari bisa menjadi seorang wirausaha yang sukses.

10. Dapat Belajar dari Pengalaman Orang Lain
Tips kesepuluh menjadi wirausaha yang sukses adalah dengan belajar dari pengalaman orang lain, seperti sebuah papatah yang mengatakan: “Pengalaman adalah guru yang terbaik.” Seorang calon wirausaha yang sukses pasti akan selalu mengambil pengalaman dari orang lain dan tentunya dari diri sendiri. Semua pengalaman seseorang, baik kesuksesan maupun kegagalan harus dijadikan sebuah pelajaran berharga dan dijadikan panduan dalam merintis usaha serta mengembangkan usaha.

11. Menerima Kritikan dan Nasihat dari Orang Lain
Tips selanjutnya agar menjadi wirausaha yang sukses adalah mau menerima kritikan dan nasihat dari orang lain. Pada umumnya, kritikan yang ditujukan kepada seseorang adalah sebuah hambatan dalam merintis usaha. Namun, seorang calon wirausaha yang sukses akan menganggap kritikan dan nasihat dari orang lain sebagai guru yang membimbingnya ke arah kesuksesan.
Mau menerima kritikan artinya menyadari bahwa kita memiliki kekurangan. Jika mengetahui kekurangan, seseorang tentu akan memperbaiki kekurangan tersebut. Jadi, kita harus berterima kasih kepada orang yang berani menegur dan mengkritik.

12. Dapat Bekerjasama dengan Orang Lain
Tips selanjutnya agar menjadi wirausaha yang sukses adalah menjalin kerjasama dengan orang lain. Sepandai apapun seseorang, perjuangannya akan sia-sia jika bekerja sendiri. Tidak ada seorang wirausaha yang sukses hanya dengan bekerja sendiri. Kerjasama dengan teman, mitra bsinis, kerabat, rekan, dan klien sangat penting dilakukan jika ingin menjadi wirausaha yang sukses.
Rekan-rekan bisnislah yang akan memberi masukan, kritik, dan saran serta membantu kita ketika mengalami kesulitan usaha. Seorang wirausaha yang sukses harus bisa membuat hubungan dan bergaul untuk menjalin ralasi bisnis seluas-luasnya.

13. Tidak Takut Menghadapi Kegagalan
Tips selanjutnya agar menjadi wirausaha yang sukses adalah tidak takut menghadapi kegagalan. Anda jangan berpikir bahwa wirausaha yang sukses, mapan, dan maju tidak pernah mengalami kegagalan dalam berbisnis. Semua wirausaha yang sukses pasti pernah mengalami kegagalan.